Jumat, 08 Februari 2013

Pengaruh Serbuk Lempung Aktif Terhadap LIMBAH


Mayda Diyan Star W, Fajar Yunus S. 2007. PENGARUH PEMBERIAN SERBUK LEMPUNG AKTIF TERHADAP PERUBAHAN BAU, WARNA, TINGKAT KEASAMAN (pH), KADAR LOGAM PERAK (Ag) DAN JUMLAH BAKTERI  PADA LIMBAH CAIR KERTAS, FOTOGRAFI DAN RUMAH TANGGA”. MAN 3 Kediri.

Pembimbing : Drs. Ahmad Jaelani, M.Pd

Kata Kunci : Serbuk lempung aktif, limbah kertas, limbah fotografi, limbah cair rumah tangga, bau, warna, pH, Kadar Logam Perak, Jumlah Bakteri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi pencemaran limbah cair fotografi, kertas, dan rumah tangga pada bau, warna, tingkat keasaman (pH) dan kadar logam perak (Ag) serta jumlah bakteri, dengan cara memanfaatkan lempung aktif. adapun percobaannya dilakukan dengan cara sederhana yaitu merendam serbuk lempung aktif dalam ketiga limbah cair.
Metode yang digunakan adalah Eksperimen labolatorium dengan cara mengamati perubahan bau, warna dan pH limbah cair akibat pengaruh pemberian lempung aktif. Pada eksperimen ini menggunakan serbuk lempung aktif dengan tiga variasi yaitu 1 gram, 2 gram, dan 3 gram serbuk lempung aktif untuk mengabsorbsi  limbah cair, untuk mengurangi bau, warna, pH dan kadar logam Ag serta jumlah bakteri, dimana masing-masing diulang sebanyak 5 kali.
Hasil dari penelitian yang kami lakukan adalah  terjadinya perubahan bau warna, pH dan kadar logam Ag serta jumlah bakteri, akibat pemberian serbuk lempung aktif. Dimana dari masing-masing sampel limbah cair terjadi benyak perubahan pada bau, warna, dan kadar logam Ag serta jumlah bakteri sedangkan untuk pH tidak begitu mengalami perubahan yang signifikan.
Untuk percobaan pada limbah cair fotografi hasil yang paling baik untuk bau dan warna sama yaitu pada variasi C, dengan pemberian serbuk lempung aktif 3 gram. Sedangkan untuk pH, variasi yang terbaik adalah variasi A pada pemberian serbuk lempung aktif 1 gram yaitu dari pH 8,6 menjadi 8,4.
Untuk percobaan pada limbah cair Kertas hasil yang paling baik untuk bau adalah variasi F, dengan pemberian serbuk lempung aktif 3 gram. Sedangkan untuk bau hasil yang baik adalah variasi E, dengan 2 gram pemberian serbuk lempung aktif. Dan untuk perubahan pH, variasi yang terbaik adalah variasi D pada pemberian serbuk lempung aktif 1 gram yaitu dari pH 5,6 menjadi 6,16.
Untuk percobaan pada limbah cair rumah tangga hasil yang paling baik untuk adalah pada variasi I, dengan pemberian serbuk lempung aktif 3 gram. Sedangkan untuk warna dan pH, variasi yang terbaik adalah variasi H pada pemberian serbuk lempung aktif 2 gram yaitu dari pH 6,3 menjadi 6,58.
Selanjutnya pada hasil uji laboratorium tentang pengaruh pemberian serbuk lempung aktif terhadap Kadar logam perak (Ag) pada limbah cair fotografi, hasil yang terbaik adalah pada pemberian 3 gram. Namun pada hasil analisis tentang jumlah bakteri akibat pemberian serbuk lempung aktif, variasi terbaik adalah pada pemberian 2 gram serbuk lempung aktif.

0 komentar: