Jumat, 15 Februari 2013

AIR KELAPA SAKTI



AIR KELAPA untuk MEMPERCEPAT PELUNAKAN  DAGING BEBEK pada PROSES PEREBUSAN dalam
UPAYA PENGHEMATAN BAHAN BAKAR
Disusun Oleh :
HANDYSON HONESTANTO (8260)
BASUKI NUGROHO (8061)


Latar Belakang Masalah
Masakan dengan menggunakan daging bebek sebagai bahan utamanya terbilang menjadi favorit banyak orang. Kuliner dari berbagai daerah kerap menjadikan bahan ini sebagai menu masakan utamanya seperti gulai bebek. Dalam proses pelunakan daging bebek yang dilakukan oleh para penjual nasi bebek umumnya menggunakan waktu 4 sampai 5 jam. Itupun perlu panas yang tinggi dan tidak mengunakan alat bantu presto. Hal tersebut dikarenakan mahalnya presto. Sehingga waktu yang digunakan lama dan memerlukan bahan bakar yang cukup banyak.           
                                        
Apabila tidak dilakukan cara tersebut, daging bebek pun tidak dapat lunak. Salah satu alternatif dari percobaan kami, kami menggunakan limbah air kelapa untuk merebus daging bebek tersebut. Selain itu, dengan  penggunaan limbah air kelapa perebusan daging bebek tidak membutuhkan waktu yang lama. Hal tersebut karena limbah air kelapa mengandung  beberapa protein yang mampu untuk melunakkan daging bebek tersebut. Selain itu air kelapa mengandung glukosa sebagai sumber tenaga dan protein esensial  (alanin, arginin, asam aspartat, asam glutamat, histidin, fenilalanin, tirosin). air kelapa juga kaya dengan mineral seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, besi, dan tembaga. Vitamin yang terkandung dalam air kelapa antaralain vitamin C dan 7 macam vitamin B yaitu nikotinik, asam pantotenat, biotin, riboflavin (B2), asam folat, tiamin (B1), dan piridoksin (B6) (nama, tahun). Selain itu air kelapa mempunyai sifat seimbang (isotonis) dan kaya dengan elektrolit.

ABSTRAK

Handyson Honestanto, Basuki Nugroho 2012. PEMANFAATAN AIR KELAPA UNTUK MEMPERCEPAT PELUNAKAN  DAGING BEBEK PADA PROSES PEREBUSAN DALAM UPAYA PENGHEMATAN BAHAN BAKAR’’.

Pembimbing : Drs. Ahmad Jaelani, M.Pd

Kata Kunci : Kelunakan, daging bebek, limbah air kelapa.
            
     Dalam proses pelunakan daging bebek yang dilakukan oleh para penjual nasi bebek umumnya memerlukan waktu 4 sampai 5 jam. Itupun perlu panas yang tinggi dan tidak mengunakan alat bantu presto. Hal tersebut dikarenakan mahalnya presto. Sehingga waktu yang digunakan lama dan memerlukan bahan bakar yang cukup banyak.     
                                            
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah air kelapa untuk mempercepat pelunakan daging bebek. Sehingga dapat juga sebagai salah satu upaya menghemat bahan bakar dalam perebusan daging bebek tersebut.

Metode yang dilakukan adalah dengan eksperimen. Pertama dilakukan perebusan daging bebek dalam limbah air kelapa. Setelah itu dilakukan dengan pengamatan yang terdiri dari kelunakan, suhu dan waktu.

Hasil penelitian adalah variasi optimal yang memberikan daging bebek dengan kelunakan yang yang tinggi adalah A.

0 komentar: